Ratusan Mahasiswa Baru di Unipdu Dikenalkan Nilai-nilai Pesantren

NU Jombang Online, 
Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur gelar Orientasi Studi Cinta Almamater (Oscar) guna mengenalkan budaya pesantren di dalam kampus kepada mahasiswa baru. Oscar di laksanakan di Plaza Unipdu.

Oscar dibuka oleh Rektor Universitas Pesantren Tinggi Darul ulum Ulum, KH Ahmad Zahro. Turut hadir serta dalam seremonial pembukaan segenap jajaran Civitas Akademika Kampus dan Pengurus Pesantren Darul Ulum.

Presiden Mahasiswa Unipdu Jombang, Misbahul Munir mengatakan, kampus Unipdu ini sangat berbeda dengan umumnya perguruan tinggi di kota besar. Di sini, kata dia, bukan hanya mengajarkan tentang pengetahuan umum, namun juga diimbangi dengan pengetahuan agama yang cukup. Seperti mengaji kitab kuning dan Al-Quran.

“Kampus di Jombang, khususnya Unipdu ini sangat kental akan budaya pesantren, terlebih lokasinya juga berada di lingkup Pesantren Darul Ulum. Jadi sudah otomatis segala aktifitas yang dilakukan juga tidak jauh dari aktifitas santri dan pondok,” kayanya, Sabtu (31/8).

Kampus yang lokasinya berada di dalam Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang ini merupakan satu dari sekian kampus di Jombang yang kental akan budaya pesantren dan setiap pembelajaran tidak lepas dari nilai-nilai keislaman ala Thoriqotun Nahdlatul Ulama.

Pria 22 tahun asal Diwek ini menuturkan, tujuan dari diadakannya orientasi mahasiswa ini bukan hanya sekedar mengenalkan kampus saja, tetapi juga mendekatkan kepada para mahasiswa baru akan budaya kehidupan mahasiswa di dalam ruang lingkun pesantren.

“Selain mengenalkan kampus, kita juga mencoba mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang budaya kehidupan pesantren yang ada didalam kampus, karena tidak semua kampus ada hal seperti itu, kearifan lokal yang ada didalam kampus dan budaya pesantren tetap kita kenalkan kepada mereka,” tuturnya.

Oscar tahun ini dijadwalkan akan diselenggarakan selama 7 hari ini, mulai tanggal 31 Agustus 2019. Dalam rangkaian acaranya nanti akan mengundang beberapa narasumber dari internal kampus maupun eksternal kampus.

“Untuk pemateri yang mengisi nanti kita bagi, ada dari internal kampus, dari eksternal kampus seperti pihak Polres Jombang dan dari ruang lingkup pondok,” tambah Munir.

Dikatakannya, kehadiran mahasiswa baru tahun ini juga diharapkan mampu menjadi pemicu semangat untuk mahasiswa lama dan segenap Civitas Akademika untuk terus bersinergi di tahun ajaran baru ini.

“Harapan saya jelasnya untuk Mahasiswa baru untuk terus semangat belajar jangan malas. Dan semoga dengan adanya mahasiswa baru ini, mahasiswa lama dan juga segenap Civitas Akademika bersinergi untuk bersama-sama mengharumkan nama kampus,” harapnya.

Dari pantauan NU Jombang Online, ada sekitar 392 mahasiswa baru turut ambil bagian dalam masa orientasi ini. Ratusan mahasiswa baru ini terbagi dalam 5 fakultas, Fakultas Agama Islam sebanyak 168 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Kesehatan 48 Mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 29 Mahasiswa, Fakultas Bisnis dan Bahasa 75 Mahasiswa dan Fakultas Saintek sebanyak 72 Mahasiswa. Jumlah ini kedepan masih bisa bertambah, dengan masih dibukanya pendaftaran mahasiswa baru sampai gelombang 3.

“Alhamdulilah Unipdu masih jadi pilihan mahasiswa baru. Baik dari Jombang dan luar pulau Jawa,” tandasnya. (Anggit/Syarif Abdurrahman)

 

sumber : jombang.nu.or.id



Leave a Reply