Presiden Mahasiswa UNIPDU, Pembekalan KPM Kampus UNIPDU Jombang 2019

Jombang | Ikilhojatim – Wakil Rektor Bidang Akademik dan kemahasiswaan Unipdu Jombang, Bapak, Dr. H. Achmad Zakaria, SKM., M.Kes, membuka Pembekalan KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) Kampus UNIPDU Jombang Tahun 2019. Acara bertempat di Islamic Center UNIPDU, Minggu, ( 30/6/2019 )

Pantauan ikilhojatim.com, pembekalan KPM ini diikuti oleh mahasiswa semester 6. 390 mahasiswa terbagi dalam 17 Kelompok.

Dikatakan Achmad Zakaria, KPM akan dilaksanakan mulai 8 Juli 2019 di Kecamatan Kesamben. “Setiap lelompok akan di sebar ke 14 desa,” terang Achmad Zakaria.

Keempat belas desa itu adalah Desa Gumulan, Jatiduwur, Pojok Kulon, Kedungbetik, Jombatan, Kedungmlati, Podoroto, Kesamben, Watudakon, Pojokrejo, Carangrejo, Wuluh, Jombok, Blimbing.

“Mahasiswa harus bisa memahami dan belajar dari masyarakat, bisa menarik kesimpulan dari pembelajaran di Masyarakat” ujarnya.

Selain itu , bertanggung jawab atas penyelenggaraan KPM.

Sementara itu, Drs. H. Yahya Ashari M.pd, Ketua LP3M Unipdu Jombang menyebut alasan penggunaan istilah KPM bukan KKN. ” Kita menggunakan istilah KPM ( Kuliah Pengabdian Masyarakat ) bukan KKN. Dalam artian supaya tidak ada Pelesetan, KKN itu Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, maka dari itu kita menggunakan istilah KPM,” ujarnya.

Yahya Ashari menambahkan tujuan KPM nantinya agar mahasiswa mampu menerapkan apa yang sudah di dapat di kampus ke masyarakat.

“Nantinya disini ada transfer of knowledge antara mahasiswa sebagai masyarakat ilmiah kepada warga desa sebagai masyarakat sosial”. ujarnya.

Anshari menambahkan, dari pihak Kampus akan melakukan tindak lanjut dan evaluasi KPM ini.

“Nanti dari pihak kampus akan melakukan sampling ke desa, setelah itu mahasiswa akan membuat laporan selama Pengabdian yang akan di evaluasi oleh pihak kampus di kelas, sebagai bentuk bahwa kpm adalah pembelajaran terjun ke masyarakat,” tambahnya.

Presiden BEM Unipdu, Misbahul Munir menyampaikan mahasiswa sangat antusias menyambut KPM.”KPM menambah semangat karena merupakan hal baru bagi kami” kata mahasiswa Jurusan PAI semester 6 tersebut.

Juga memberi tanggapan dari pembukaan pembekalan KPM ini. “Alhamdulillah mahasiswa sangat antusias menyambut KPM nanti, ya semakin menambah semangat karena merupakan hal baru bagi kami” kata mahasiswa Jurusan PAI semester 6 tersebut.

Dia juga menambahkan, bahwa mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. (agt/ra )

 

sumber : ikilhojatim.com



Leave a Reply