Tiga dosen Unipdu Jombang dari Fakultas Bisnis, Bahasa, dan Pendidikan, yaitu H. Achmad Farid, Ph. D., Adi Yusuf, SS., M. Pd., dan Binti Qaniah, SS., M. Hum. serta beberapa mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris diterjunkan ke MAN 2 Jombang untuk menggelar Pelatihan TOEFL® bagi siswa kelas akhir. Pelatihan yang berlangsung antara 29 Januari – 4 Februari 2024 ini didanai oleh Unipdu melalui skema Hibah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) LPPM Unipdu Jombang.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberi pengetahuan lebih dalam tentang TOEFL® kepada siswa kelas XII, meningkatkan skill berbahasa inggris siswa dan turut mewujudkan harapan pihak sekolah untuk membekali siswanya dengan kemampuan berbahasa inggris yang baik.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sekolah MAN 2 Jombang pada 29 Januari 2024 di Ruang Pertemuan Gedung MAN 2 Jombang yang dihadiri oleh Siswa kelas akhir dan juga beberapa pimpinan dan guru MAN 2 Jombang. Dalam sambutannya, penggagas kegiatan ini, Bapak H. Achmad Farid, Ph. D., menyampaikan bahwa penguasaan TOEFL® merupakan sebuah keharusan bagi siswa-siswi agar mereka lebih siap ketika masuk ke dalam dunia pendidikan tinggi, yang sangat membutuhkan kemampuan academic English.

Kegiatan yang dilakukan selama 5 hari ini mencakup semua skill dalam TOEFL®, yaitu listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension .  Para siswa yang terbagi menjadi 2 lokal tersebut mempelajari materi dan membahas soal-soal pada modul yang telah diberikan. Disamping itu, dalam kegiatan belajar, siswa juga diberi strategi untuk menjawab pertanyaan sehingga mereka dapat mencapai nilai maksimal yang diharapkan.

Selain menyampaikan materi mengenai TOEFL®, tim dari Unipdu juga menekankan tentang pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengingat persaingan di dunia kerja saat ini semakin ketat.

Meskipun pelatihan ini hanya dilakukan beberapa hari, nyatanya telah mendapat sambutan yang baik dan semangat dari para siswa baik dari kelas Jurusan Bahasa, IPS, IPA maupun Agama ditunjukkan dengan antusiasme yang tinggi selama kegiatan tersebut berlangsung. Bahkan, oleh Pimpinan Madrasah kegiatan ini ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Pusat Studi Bahasa Unipdu dengan MAN 2 Jombang untuk pelaksanaan English Proficiency Training dan English Proficiency Test.