Jombang, 18 Februari 2024 – Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum mengadakan workshop dan klinik Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan dan rutin yang diinisiasi oleh Biro Pelayanan Kemahasiswaan (BPKM) dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa Unipdu untuk mengikuti PKM 2024. Kegiatan tersebut diadakan di meeting room dan diikuti oleh sekitar delapan puluh peserta yang antusias mendengarkan penjelasan dari para pemateri, antara lain: Tomy Syafrudin, M.Pd, Chandra Sukma Anugrah, M. Kom, dan Dr. Herin Marwati, S. Kep., Ners., M. Biomed.

Kegiatan pada hari ini dihadiri oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan, dalam sambutannya bapak Dr. Mujianto Solichin, M.Pd.I menyampaikan bahwa pihak Unipdu akan memberikan apresiasi kepada semua mahasiswa yang dapat menyelesaikan program ini hingga tahap pelaporan dengan pengakuan bebas skripsi. Hal ini menimbulkan antusias mahasiswa untuk mengikuti PKM secara antusias.

Sebelum workshop dimulai, narasumber memberikan gambaran terkait penulisan proposal yang benar. Setelah penjelasan tentang penulisan proposal, para narasumber memberikan pandangan mendalam tentang tahapan-tahapan dalam PKM dan memberikan tips praktis untuk merancang serta menyusun proposal yang kuat. Peserta kemudian diberikan kesempatan untuk berbagi ide dan bertanya langsung kepada para narasumber untuk memperjelas konsep proposal mereka. Selain itu, workshop ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antar mahasiswa dalam pengembangan proyek PKM, serta strategi untuk mengatasi tantangan yang mungkin timbul selama pelaksanaan proyek. Diskusi yang berlangsung sangat interaktif dan memberikan wawasan baru bagi para peserta.

Sesi klinik proposal PKM menjadi puncak kegiatan hari itu. Peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan progress pengerjaan proposal mereka dan mendapatkan feedback dari para narasumber, salah satunya dari proposal milik mahasiswa UKM Impecta. Mahasiswa tersebut mengajukan permasalahan yang hendak dijadikan latar belakang, “Jujur, kami belum menemukan judul dan fokus penelitian ini, namun setelah mengikuti kegiatan ini kami mendapatkan pencerahan,” ujarnya. Bukan hanya dia saja.

Dengan adanya dukungan dari pihak universitas dan semangat yang terpancar dari peserta, diharapkan program PKM tahun ini akan menjadi sukses dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kreativitas mahasiswa Unipdu.