Minggu, 4 Februari 2024 Unipdu Jombang. Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Budaya dan Religi telah sukses menyelenggarakan festival al-banjari tingkat umum regional yang diikuti oleh 46 grup banjari se-Jawa Timur dalam rangka milad UKM SBR Unipdu yang ke-11. Perhelatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan dihadiri oleh wakil rektor Unipdu, Dr. Mujianto Sholihin, M.Pd.I dan Bakri Ilyas, M.Pd.I. 

 

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci al-quran, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Unipdu. Selanjutnya sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Miftahur Rizki Al-Firdaus selaku Ketua Pelaksana, Ervito Ferdianto selaku Ketua SBR Unipdu, dan Wakil Rektor Dr. Mujianto Sholihin, M.Pd.I. Kemudian, acara ditutup dengan doa yang diaamiini oleh seluruh yang hadir memenuhi Gelora Abi As’ad dengan khidmat dan khusyu’.

Ketua Pelaksana, Miftahur Rizki Al-Firdaus memberikan ucapan terima kasih kepada yang hadir pada pembukaan acara Festival Al-Banjari, dan juga dengan dimulainya acara ini diharapkan dapat secara lebih luas menyiarkan sholawat nabi. 

 

Senada dengan hal tersebut, Ketua UKM SBR Unipdu, Ervito Ferdianto mengatakan “Acara Fesban 2024 ini diadakan dalam rangka milad UKM SBR Unipdu yang ke-11 dan diikuti oleh grup banjari se-Jawa Timur dengan total 46 grup.” 

 

Wakil Rektor Unipdu, yang mana turut hadir dalam acara pembukaan Unipdu serta yang secara resmi membuka acara. Dr. Mujianto Sholihin, M.Pd.I. menambahkan jika acara Festival Al-Banjari UKM SBR Unipdu ini sudah lama ada dan sudah berjalan selama bertahun-tahun. Pertama kalinya diadakan di Gelora Abi As’ad dengan konsep yang lebih megah dan meriah. Harapannya, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sportif, dan maksimal dari awal hingga selesai. Festival Al-Banjari dari UKM SBR Unipdu ini menjadi acara unggulan Unipdu. Selain itu juga, dengan terselenggaranya acara Festival Al-Banjari ini secara tidak langsung sebagai sarana promosi Unipdu untuk dapat dikenal secara lebih luas. 

Acara berjalan dengan lancar dan cukup meriah. Perlombaan dibagi menjadi tiga shift. Shift pertama dimulai dari jam 10.00-12.00 WIB, shift kedua dari jam 13.00-17.00 WIB, shift ketiga dari jam 19.00-23.40 WIB dan menghasilkan pemenang dari kesembilan kategori juara :

 

Terbaik 1: Mushohabatur Rijal (Mojokerto)

Terbaik 2: Santri Wako (Mojokerto)

Terbaik 3: Al-Barokah (Pasuruan)

Harapan 1: Secangkir Sholawat (Sidoarjo)

Harapan 2: Fauzul Farihin (Pasuruan)

Harapan 3: Baitul Muttaqin (Pasuruan)

Best Vocal: Ulul Musthofa Putri (Malang)

Best Terbang: JDFI Nasimus Shobah (Malang)

Best Jingle: TPQ Al-Muhajirin (Jombang)

Dengan demikian, Festival Al-Banjari se-Jawa Timur telah usai dilaksanakan. Semoga kegiatan ini dapat terus persisten di tahun-tahun yang akan mendatang dan dapat mencetak generasi muda yang cinta budaya bangsa, khususnya seni religi al-banjari. -Angel