Mengawali Bulan Kemerdekaan dengan Kegiatan Ahad Sehat

Unipdu Jombang. Tepat di awal bulan kemerdekaan (Agustus) semua loyalis dan dipimpin langsung oleh Rektor Unipdu Prof. Dr. KH. Ahmad Zahra,MA (Prof. Zahro) dan Dr. KH. M. Zulfikar Asad, MMR (Gus Ufik) melakukan kegiatan rutin yang biasa diistilahkan sebagai “Kegiatan Ahad Sehat” di lingkungan Unipdu.

Berlokasi di pelataran Taman Rektorat (di luar ruangan) dengan prokes ketat, kegiatan ahad sehat dilaksanakan tepat pukul 07.30 WIB dengan instruktur professional asal Jombang Wiwik Widiatie.

“Kegiatan ahad sehat ini yang salah satunya dengan kegiatan senam, bertujuan untuk paling tidak menambah imunitas bagi semua loyalis Unipdu yang sangat mudah, murah, dan menyenangkan”, tutur Gus Ufik yang juga merupakan Ketum ARSINU. “Kegiatan ini tidak hanya oleh fisik saja tetapi juga ada olah rohani, yaitu dengan adanya ceramah agama di akhir sesi kegiatan senam, dan ini merupakan bentuk penyampaian rasa syukur kita kepada ALLAH SWT, semakin kita bersykur, semakin banyak pula kenikmatan yang akan kita dapatkan”, lanjut Gus Ufik menuturkan.

Seperti yang disampaikan Gus Ufik, di akhir sesi kegiatan Ahad Sehat disampaikan Ceramah Agama yang pada kesempatan awal bulan ini diisi oleh Prof. KH. Ahmad Zahra, MA. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang pentingnya NIAT, “hal terpenting dalam melakukan kegiatan baik yaitu NIAT, niat melakukan hal kebaikan tercatat akan mendapatkan pahala x1, dan jika kegiatan baik itu dilaksanakan maka tercatat akan mendapatkan pahala x10. Tetapi jika sesorang mempunyai niat keburukan maka belum tercatat, tetapi jika keburukan itu dilaksanakan maka tercatat keburukan x1. Oleh karena itu dilihat dari banyaknya rahmat ALLAH SWT atas pahala dalam kebaikan, maka dari itu mari semua loyalis Unipdu untuk selalu melakukan banyak kebaikan, salah satunya dengan mengikuti kegiatan ahad sehat ini”. Tutur Prof Zahro, dalam ceramah beliau.

Selanjutnya Prof Zahro yang juga merupakan Guru Besar UIN Surabaya menyampaikan dalam ceramahnya  tentang “Musabaqah” atau Persaingan (dalam arti yang positif). Persaingan menurut beliau dikelompokkan menjadi 2, yaitu : 1) Persaingan Internal dan 2) Persaingan Eksternal.

Pertama persaingan internal adalah pengendalian diri untuk bisa selalu melakukan kebaikan dan menghindarkan diri dari kegiatan keburukan (yang membahayakan).

Kemudian kedua persaingan eksternal yaitu Selalu mempunyai keinginan mengikuti jejak-jejak kebaikan orang lain, artinya ketika orang lain melakukan hal kebaikan, kita juga mempunyai niat yang sama atau bahkan lebih.

Di akhir ceramah, beliau berpesan kepada semua loyalis Unipdu untuk selalu menjaga kesehatan, selalu memohon pertolongan dan perlindungan dari ALLAH SWT, dengan memperbanyak istighfar dan doa, serta banyak membaca sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Ucap Prof Zahro mengakhiri ceramahnya.

Sesi akhir dari kegiatan ahad sehat adalah dengan membaca doa sayyidul istighfar dan pembagian door prize untuk loyalis Unipdu.

 

(Unipdu Jombang)

 

 



Leave a Reply