Mahasiswa UNIPDU Gelar Workshop Digital Marketing

Jombang, seputarjatim.com- Pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi hal penting untuk kemajuan sebuah desa. Semangat ini yang mendorong mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang, yang tengah menempuh kuliah pengabdian masyarakat (KPM) di Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Jombang untuk menggelar workshop digital marketing.

Workshop diadakan di balai Desa setempat, Rabu malam 31/07/2019. Kegiatan ini diisi oleh seorang praktisi digital marketing dari Kota Jombang. Dalam materi tersebut, masyarakat diajari bagaimana cara memulai bisnis di media sosial bahkan tanpa modal sepeserpun.

Selain itu, warga juga diajari berbagai trik tentang cara pemasaran produk yang tepat. “Bapak ibu harus mencobanya dari hal terkecil dahulu untuk meminimalisir kerugian, kemudian promosikan di berbagai grup jual beli yang ada di facebook. Sebisa mungkin bapak ibu mengkhususkan produknya agar calon pembeli tertarik untuk melihatnya. Selain itu, kemaslah produk tersebut dengan menarik,” ujar Samsukadi pemateri workshop.

Endah Rohmatin, ketua kelompok KPM menyebutkan bahwa Desa Jatiduwur mempunyai berbagai produk unggulan, namun pemasarannya masih tradisional dengan cara diititipkan ke warung-warung.

“Kan sayang jika berbagai produk unggulan yang ada di desa ini tidak di pasarkan secara luas. Padahal menurut saya produk-produk seperti jenang, rengginang, hingga hasil ternak yang ada di desa ini sudah cukup layak untuk dipasarkan di luar,” ujar Endah kepada wartawan.

Di sisi lain, Achmad Rofi’i Kepala Desa Jatiduwur mengatakan bahwa di desa tersebut banyak yang ahli di bidang kuliner dan pertanian. Namun sayangnya mereka masih bingung soal pemasarannya.

“Memang secara wilayah, desa kami merupakan desa yang ada di pinggiran, sehingga kalau di pasarkan secara tradisional tentu akan kalah dengan yang berada di perkotaan. Dan malam ini saya dapat jawabannya, kedepan harus saya apakan produk-produk tersebut,” ujar Kades Jatiduwur.

Pihak Desa berharap, hal ini bisa ditindaklanjuti agar benar-benar bisa dipraktekkan oleh masyarakat, agar membantu pengembangan ekonomi masyarakat desa. (muf/red)

 

sumber : seputarjatim.com



Leave a Reply