Dosen Unipdu Jombang Ibu Dr. Nur Ulwiyah, M.Pd.I bersama-sama mahasiswa dan alumni Prodi PGMI melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bagi guru MIN 4 Jombang. Pelatihan ini mengambil tema “Joyful Learning dengan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital”, dan dibagi menjadi dua subtema yaitu: pertama, Joyful Learning sebagai Basis Berkembangnya Potensi Siswa. Kedua, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ultimate Storyline dan Wordwall. Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Februari 2024 di gedung MIN 4 Jomban dan dihadiri sebanyak 60 guru. Kegiatan pelatihan secara teknis dilaporkan oleh mahasiswa, Ayyub Ahmad Dani.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Kepala MIN 4 Jombang, Bapak H.M. Ali Ghufron, M.Pd. Dalam sambutannya dikatakan bahwa Unipdu telah banyak memberikan manfaat bagi MIN 4 Jombang antara lain sebagaian besar guru MIN 4 Jombang adalah alumni Unipdu Jombang, baik S1 maupun S2. Juga dalam bulan ini, PPL Unipdu melakukan praktik mengajar, dengan begitu telah memberikan kontribusi bagi kualitas pembelajaran siswa.  

Sesi pelatihan diawali dengan penyajian materi pertama yang disampaikan oleh Ibu Dr. Nur Ulwiyah, M.Pd.I dengan subtema “Joyful Learning sebagai Basis Berkembangnya Potensi Siswa”. Poin-poin yang terkandung dalam materi ini antara lain prinsip mengajar adalah menggembirakan dan tidak menakutkan (basysyiru wa la tunaffiru), memudahkan dan tidak menyulitkan (yassiru wa la tu’assiru), menyatukan dan tidak memecahbelah, memandang dan memperlakukan siswa dengan kasih sayang (yandzuruna ilal ummah bi ‘ainir rahmah). Prinsip mengajar ini bila diimplementasikan dalam pembelajaran mewujud dalam delapan sikap yang dianjurkan bagi guru  terhadap siswa yaitu: 1) awali kegiatan pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan; 2) kuasai keterampilan dasar mengajar; 3) gunakan media yang beragam dan menarik; 4) gunakan metode yang tepat dan bervariasi; 5) lakukan learning by doing; 6) berikan apresiasi atau penghargaan; 7) jauhi gaya komunikasi yang tidak patut; dan 8) gunakan gaya komunikasi yang patut.

Selain menyampaikan materi pelatihan, Ibu Dr. Nur Ulwiyah, M.Pd.I juga melakukan promosi tentang Unipdu Jombang dengan menampilkan profil Unipdu, ragam program studi yang dimiliki meliputi program studi D3, S1, dan S2, fasilitas kampus yang memadai, dan tak ketinggalan tentang fasilitas program beasiswa yang disediakan untuk calon mahasiswa, seperti beasiswa tahfid, beasiswa akademik, beasiswa PT. Damen, beasiswa UKT/PPA, dan beasiswa KIP-Kuliah. Promosi dilakukan dalam rangka memberikan pencerahan kepada publik bahwa Unipdu Jombang layak dan tepat sebagai pilihan studi lanjut calon mahasiswa baru dengan memiliki keunikan kampus berbasis pesantren. Dalam promosi juga disampaikan bahwa Unipdu Jombang memiliki alumni yang sukses dan berdaya saing tinggi, salah satunya adalah Umi Kholifah, S.Pd yang berhasil mengembangkan media untuk mata palajaran Aswaja NU (Ahalussunnah wal Jamaah Nahdlatul Ulama) bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah. Media tersebut diberi nama IBNU (Inovasi Belajar Aswaja NU) dan telah dimanfaatkan oleh MI Miftachul Hidayah Trowulan Mojokerto. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memperoleh manfaat dari karya mahasiswa dan dosen Unipdu Jombang.

***