Ingin kuliah Cepat lulus ?, yuukk ikut program kuliah RPL di Unipdu.

Unipdu Jombang. Kementerian kebudayaan kali ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi semua masyarakat untuk mendapatkan penyetaraan pendidikan Strata 1 (Sarjana) untuk semua kualifikasi, salah satunya adalah dengan program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau).

Apa sih program RPL itu dan bagaimana prosesnya, yuk ikuti obrolan dua sahabat ini (Mhs dan MBU).

 

Mhs : Sob, program RPL itu apa sih ?

MBU : Program RPL atau disebut Rekognisi Pembelajaran Lampau, itu adalah program dari kementerian Pendidikan bagi kamu semua yang sudah bekerja atau punya pengalaman kerja tetapi susah membagi waktu sambil kuliah.

 

Mhs : Trus, dimana aku bisa ikut program itu ?

MBU : Mudah sob, Unipdu Jombang sekarang sudah mulai menyelenggarakan Program RPL, langsung saja daftar Sob…!!

 

Mhs : Tapi guwe masih bingung sob, kudu milih jurusan apa ?

MBU : Tenang sob..!!. Ini nih Jursan di Unipdu yang membuka program RPL :

  • Jurusan S1 Ilmu Keperawatan bagi yang bekerja di kesehatan,
  • Ada jurusan S1 Ilmu Administrasi Bisnis bagi kamu-kamu yang bekerja di dunia bisnis dan industri, perbankan juga bisa.
  • Ada juga sob jurusan S1 Sistem Informasi bagi kamu yang punya keahlian dibidang teknologi informasi di bisnis, industry, perbankan, bisa juga jika kamu sebagai operator di sekolahan.
  • Juga ini jurusan S1 Pendidikan Matematika yang punya pengalaman ngajar Matematika dan pengen punya penyetaraan ijazah S1.
  • Nah ini juga jurusan S1 Sastra Inggris bagi kamu yang ahli di bidang sastra dan penerjemahan dan pengen juga setara ijazah S1.

 

Mhs : Trus model kuliahnya gmn sob, aku kan sibuk kerja ?

MBU : Tenang aja sob, program RPL itu mudah, tinggal kamu nyeritain kegiatan/pengalaman kerja kamu, nah nanti itu sudah dianggap perkuliahan.

 

Mhs : Trus  kuliahnya lama ndak bro ?

MBU : Tenang saja sob, program RPL untuk program percepatan, jadi kuliah hanya 2 tahun saja sudah lulus S1 bro..!!, atau jika persyaratan pemenuhan kamu terpenuhi, bisa 1 tahun kuliah sudah S1 sob.

 

Mhs : Kuliahnya mahal ndak sob ?

MBU : Tenang saja, sangat terjangkau. Nah malahan jika kamu daftar tanggal 12-15 Juli 2021 kamu akan mendapatkan Subsidi biaya pendaftaran dan subsidi biaya kuliah di semester awal sob.

 

Mhs : oh, begitu ya sob. Trus daftarnya bagaimana ?

MBU : Langsung saja sob, hubungi admin Unipdu.ac.id, atau langsung saja daftar di link ini : Pendaftaran RPL

 

Mhs : siap bro.. Thank infonya.

MBU : Siap-siap, ayook “Kuliah Cepat RPL aja…..!!!”.

 

MBU : eh eh eh, mau kemana sob….!!!

Mhs : mau daftar RPL di Unipdu bro…..

 

Bagi kamu-kamu yang ingin kuliah cepat, tidak ribet, solusinya kuliah Program RPL Unipdu saja….!!!

 

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Deskripsi Program

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan kompetensi hasil belajar dari pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja ke capaian hasil belajar pembelajaran formal, yaitu berupa pembebasan sejumlah mata kuliah atau perolehan sks untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi (mahasiswa yang diterima hanya diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah yang tidak memperoleh pengakuan). Program bantuan ini mengajak calon mahasiswa untuk mendaftar di Perguruan Tinggi (Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi) pada program Sarjana. Bagi mahasiswa yang mendaftar dan diterima, akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester.

Keunggulan

Lulus Lebih Cepat

Dengan pengakuan pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi yang disetarakan dengan mata kuliah, maka mahasiswa bisa mempercepat masa studi dibandingkan dengan mahasiswa yang menempuh jalur reguler.

Hemat Biaya

Dengan masa studi yang lebih pendek dibandingkan program reguler, sehingga biaya total program RPL menjadi lebih kecil daripada program reguler.

Subsidi Biaya*

Bagi Pendaftar tanggal 12-15 Juli 2021 program RPL, akan mendapatkan subsidi biaya kuliah pada semester pertama. *(batas akhir tanggal 15 Juli 2021)

Persyaratan Umum

  • Lulusan SMA atau sederajat.
  • Lulusan D1/D2/D3 atau pernah mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi tetapi tidak selesai.
  • Mempunyai pengalaman kerja yang sesuai dengan program studi.

 

 



Leave a Reply