Unipdu Jombang—Selasa, 28 Mei 2024 Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum mengadakan acara talkshow yang bertema “Inspiration from down under : Education in Australia di Meeting Room 1 Unipdu dengan Narasumber dari Australia Assoc. Prof. Debbie Bargallie. Acara ini dihadiri oleh Assoc. Prof. Dr. Hj. Uswatun Qoyyimah, M. Ed., Ph. D. selaku Wakil Rektor bidang SDM, Keuangan dan Umum , Dr. Wiwik Maryati, S.  Sos., M. S. M. selaku Dekan FBBP, dan H. Achmad Farid, Ph. D. Acara ini bertujuan untuk memberikan insight tentang Pendidikan di Australia pada mahasiswa. Acara ini berlangsung di Meeting Room 1 Kampus Utama Unipdu. 

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Dekan FBBP Unipdu, Ibu Dr. Wiwik Maryati, S. Sos., M. S. M. bahwa dengan adanya kuliah tamu ini dapat bermanfaat yang bisa digali bagi semua mahasiswa yang ada disini. Terlebih, Assoc. Prof. Debbie Bargallie seorang young profesor yang telah menjalin kesepakatan dari Unipdu dengan Griffith University dan untuk kedepannya secara konsisten ke Unipdu untuk memberikan keilmuan dan pengalaman. 

 

Acara ini dimulai dengan talkshow yang dipandu oleh Basma, mahasiswi Prodi S1 Sastra Inggris Unipdu, yang membawakan acara dalam Bahasa Inggris dengan sangat fasih dan tanya jawab dengan narasumber yang mana berdialog mengenai kesan tentang Indonesia, pendidikan di Australia yang memiliki kualitas yang tinggi, serta semua bisa mengenyam ke pendidikan tinggi dengan mudah karena disana tidak ada korupsi, kemudian perbedaan aksen antara Australian Accent dan aksen dari negara-negara lain. Assoc. Prof. Debbie Bargallie memberikan wawasan baru bahwa penggunaan aksen dapat disesuaikan dengan aksen yang biasa digunakan oleh negara lawan bicara gunakan. 

Setelah itu, acara berganti dengan Accent Challenge yang melibatkan banyak mahasiswa untuk bergabung bersama memeriahkan acara. Mahasiswa diminta untuk mengucapkan ulang beberapa kalimat slang pada Australian Accent yang sebelumnya telah diucapkan oleh narasumber. Tidak hanya itu, acara ini semakin interaktif dengan adanya “whispering game challenge” yang berlokasi di Plasa Unipdu Kampus Utama. Mahasiswa berkelompok dan berbaris untuk membisikkan kosakata bahasa inggris yang diberikan pada mahasiswa yang berada di barisan terakhir untuk dibisikkan secara bergulir lalu orang yang berada di depan menuliskan kata yang dibisikkan oleh anggotanya dan kelompok yang banyak benar kosakatanya adalah pemenangnya. 

Acara selesai pada jam 12 siang bertempat di Plasa Unipdu. Dengan adanya kuliah tamu ini mahasiswa mendapatkan insight dan  new experience tentang pendidikan di Australia dan melakukan interactive games dengan narasumber yang expert di bidangnya secara langsung. Diharapkan kegiatan positif ini akan tetap ada di masa mendatang di Unipdu Jombang. (Angelie)