Unipdu Jombang, Ahad, 28 April 2024 – FIK (Fakultas Ilmu Kesehatan) Unipdu melaksanakan kegiatan Pembukaan Orientasi Studi dan Cinta Almamater (OSCAR) bagi Mahasiswa baru Prodi S1 Ilmu Keperawatan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang Tahun Akademik 2023/2024 angkatan ke-4 periode semester genap.

Kegiatan ini dilaksanakan di gedung FIK Unipdu pada pukul 09.25 WIB. 

Acara ini diawali dengan laporan panitia tentang Oscar Maba RPL tahun akademik 2023/2024.  Pada sambutan pertama yang disampaikan oleh Ibu Zulfa Khusniyah, S.Kep., Ns., M.PdI, M.Kep. selaku kaprodi S1 Keperawatan “ , Oscar  merupakan program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa dan  harus diikuti oleh Seluruh Mahasiswa Baru sebelum memasuki perkuliahan.  Melalui kegiatan OSCAR ini diharapkan para calon mahasiswa akan mendapatkan informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di prodi S-I Keperawatan dan Ners FIK Unipdu Jombang baik bidang akademik maupun non akademik.”

 

Kegiatan Oscar RPL  ini dilaksanakan secara Hybrid, offline dan online melalui zoom, diikuti oleh kurang lebih 39 mahasiswa baru RPL  yang berasal dari beberapa  instansi pelayanan kesehatan yaitu dari RSUD Jombang; RSK Mojowarno,   RS dan Klinik di wilayah Dinas Kesehatan Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Lamongan dan lainnya.

Dalam akhiran sambutannya, beliau menutupnya dengan secarik pantun untuk para mahasiswa baru program RPL FIK, “Jalan jalan ke jombang membeli buah duku, ketemu gadis cantik berjilbab merah bata, Selamat datang para mahasiswa di kampus unipdu, kampus insan yang penuh dengan Cinta”. Diiringi oleh riuh tepuk tangan seisi ruangan.

 

Selaras dengan sambutan pertama, sambutan kedua  oleh Dekan FIK Dr. Hj. Masruroh Hasyim, S. Kep., Ns. M. Kes.mengatakan bahwa ini adalah FIK Unipdu merupakan bagian dari institusi pendidikan kesehatan yang berperan serta dalam mewujudkan salah satu transformasi kesehatan dibidang  peningkatan sumber daya manusia melalui  program RPL S1 Keperawatan yang sinergi dengan tujuan pendidikan tinggi  dan Visi FIK Unipdu dalam mencetak tenaga kesehatan yang profesional dan berakhlakul karimah. Hal ini tercermin dalam core of value FIK Unipdu ( KARIMAH, yaitu kompeten, adaptif, responsif, inovatif, manfaat dan happines).  Kami berharap para mahasiswa dapat menjalani proses pembelajaran dengan baik dan komitmen yang tinggi agar tercapai agar capaian pembelajaran bisa tercapai dengan optimal. Selamat bergabung menjadi keluarga besar FIK Unipdu Jombang dan terima kasih  atas kepercayaan memilih FIK Unipdu  

 

Selanjutnya, sambutan dan arahan sekaligus yang membuka Oscar RPL tahun akademik 2023/2024 oleh rektor Unipdu, Dr. dr. H. M. Zulfikar As’ad, MMR. Beliau menyatakan bahwa Unipdu adalah kampus pertama pada 2021 di jombang yang membuka RPL di Fakultas Ilmu Kesehatan. Harapannya mahasiswa baru dapat fokus dalam proses perkuliahan RPL agar meningkatkan kompetensi di pelayanan kesehatan. Beliau juga mengucapkan salut dan kata penyemangat kepada Mahasiswa Baru RPL serta ucapan selamat datang.

 

“Apa yang sudah dilakukan itu ditulis, karena itulah sebuah kunci dari proses keberhasilan”. ucap Dr. dr. H. M. Zulfikar As’ad, MMR. 

 

Acara berjalan dengan baik tanpa ada hambatan berarti hingga penutupan yang diakhiri pantun oleh rektor Unipdu, “Nang pasar golek kelopo, sing 

dodol krisdayanti, kuliah nang Unipdu rapopo, sing penting ngedemno ati”. 

Dengan adanya Oscar Unipdu bagi MaBa RPL, khususnya fakultas ilmu kesehatan dapat membantu Maba RPL untuk jauh lebih mengenal Unipdu dan beradaptasi dengan lingkungan kampus baik secara akademik dan sosial. (Walid dan Angelie).