Bersama Pusat Studi Bahasa Unipdu, MAN 2 Jombang Juara Lomba di Institut Français d’Indonésie

Surabaya – Prestasi yang membanggakan siswa siswi MAN 2  (MAN Rejoso Peterongan) Jombang yang menjuarai lomba Poster dan Vlog berbahasa perancis yang diadakan oleh Institut Français d’Indonésie (IFI). prestasi ini tentu tak lepas dari peran serta semua pihak termasuk Pusat Studi Bahasa (PSB) unipdu yang turut membina siswa siswi yang belajar berbahas perancis.

Menurut Direktur PSB Unipdu, Ibu Afifah Zulfikar, M.Si mengatakan bahwa prestasi ini menandakan bahwa siswa-siswi yang juga sekaligus sebagai santri Darul Ulum mampu bersaing di era global.

“alhamdulillah selain bangga akan prestasi para santri, ini menjadi bukti bawa santri mampu dan siap menjadi bagian dari  masyarakat global dan Internasional dengan menguasai bahasa internasional termasuk bahasa perancis” Ungkap Ibu Afifah – Perempuan hebat yang telah mendapatkan penghargaan PALMES ACADEMIQUES dari kedutaan Pemerintah Prancis.

Lebih Lanjut, Ibu Afifah menyampaikan bahwa kegiatan lomba Poster dan Vlog dalam bahasa perancis merupakan bagian dari Perayaan Frankofoni, perhelatan budaya di berbagai negeri yang warganya berbahasa Prancis diadakan setiap tahun pada bulan Maret, termasuk di Indonesia. Terdapat lebih dari 330 juta penutur bahasa Prancis dari berbagai penjuru dunia.

Turut menyemarakkan perhelatan internasional ini, IFI Surabaya menggelar dua lomba Pekan Frankofoni (La semaine de la Francophonie) baik yang belajar bahasa Prancis atau yang belum mengenal bahasa Prancis, mulai tingkat Sekolah Dasar atau sederajat hingga Perguruan Tinggi atau sederajat. Perayaan Francophonie IFI Surabaya meliputi Lomba Desain Poster (digital atau manual) dan Lomba Vlogging Instagram (dalam bahasa Prancis – Indonesia).

Penyerahan hadiah langsung diberikan kepada pemenang oleh direktur saat acara Open House IFI Surabaya pada 19 Maret 2022. Institut Français d’Indonésie (IFI) IFI merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang bahasa serta kebudayaan dan berada di bawah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia

Editor: Mohamad Ali



Tinggalkan Balasan