Pembekalan KPM 2019 Untuk Kesiapan Mahasiswa Unipdu Mengabdi di Masyarakat

Unipdu Jombang. Menjadi salah satu kewajiban bagi sejumlah mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Peterongan Jombang Jawa Timur menempuh Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Kegiatan ini menjadi media bagi mahasiswa semester enam untuk belajar bersosialisasi dan mengaktualisasikan ilmunya ditengah-tengah masyarakat.

KPM menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi mahasiswa di kampus penuh cinta yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang ini. Mereka yang telah menyelesaikan sejumlah beban SKS dalam perkuliahan serta memasuki semester tujuh, diharuskan mengikuti KPM ini.

“Tahun ini ada satu kecamatan yang menjadi lokasi KPM, yakni di kecamatan Kesamben. Semuanya ada di Kabupaten Jombang,” kata ketua panitia yg sekaligus kepala Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Bapak H. Yahya Asy’ari, M.Pd. Ahad, 30 Juni 2019.

Yahya, menjelaskan bahwa para peserta KPM tahun ini berjumlah 391 mahasiswa/i dibagi menjadi 17 (tujuh belas) kelompok yang tersebar di 14 desa dalam satu kecamatan tersebut.
Kehadiran mahasiswa Unipdu dalam kegiatan pembekalan KPM, diakui Yahya juga menjadi pelecut semangat awal untuk berkiprah lebih baik. dalam kegiatan-kegiatan di desa atau ditengah-tengah masyarakat.

Sebelum pelaksanaan KPM di kecamatan tersebut, panitia memberikan pembekalan kepada peserta selama 3 tiga hari sejak hari ahad s.d. selasa tanggal 30 Juni-2 Juli 2019 bertempat di Islamic Center Unipdu Jombang, yang dibuka oleh Wakil Rektor Bid. Akademik dan Kemahasiswaan Bapak Dr. H. Achmad Zakaria, Mkes.

Kegiatan pembekalan ini, disisi beberapa materi yaitu (hakekat KPM, potensi dan permasalahan desa di kecamatan kesamben, sosiologi agama, komunikasi dan kepemimpinan, kearsipan desa, eknis penyusunan program dan pelaporan) semuanya disampaikan oleh narasumber profesional yaitu; (bapak Dr. H. Achmad Zakaria, M.Kes, Bapak Thomson Pranggono AP, Bapak KH. M. Zaimuddin Wijaya As’ad, MS., Bapak Dr. dr. HM. Zulfikar As’ad MMR, Bapak Drs. Tidor Arif Triono Djati, MM)

KPM akan dilaksanakan sejak 8 Juli hingga 8 Agustus 2019 mendatang. Setidaknya ada lima bidang garapan yang menjadi pokok perhatian dari kampus ini, yakni bidang Teknologi, kesehatan, pendidikan, keagamaan serta sosial.

Red/parjugE



Leave a Reply