Pak Mif, Dosen Prodi PGMI Unipdu Raih Gelar Doktor Dalam Bidang Ilmu Pendidikan Sains

Miftakhul Ilmi Suwignya Putra, yang akrab disapa pak Mif meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan Disertasinya dalam Ujian terbuka S3 pendidikan Sains di Universitas Negeri Surabaya (2 Nopember 2020).
Pak Mif merupakan Dosen prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Unipdu Jombang yang studi S3 di Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. adapun yang menjadi Promotor dalam promosi Gelar Doktor ini adalah Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. dan Ko Promotor: Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Dalam Disertasinya Pak Mif Mengangkat Judul Model CALL (Collaborative Augmented Literacy Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah. menurutnya penelitian Model CALL bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas 2)kepraktisan dan 2) keefektifan model CALL untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan desain kuasi eksperimen one group pre-test dan post-test untuk 210 mahasiswa yang terbagi dalam program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan tahun berbeda selama 3 tahun di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Indonesia. Sebelum dan sesudah dilaksanakan proses pembelajaran, mahasiswa diberikan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) Keterampilan lietrasi sains. Pada saat proses pembelajaran dilaksanakan, observasi kepraktisan model dilakukan. Data yang dikumpulkan dari pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan paired t-test, N-gain dan independent t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CALL:1) valid dalam pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah yang ditunjukkan oleh: (a) validitas isi model CALL ditinjau dari aspek kebutuhan pengembangan model dan kebaruan pengetahuan ilmiah dalam kriteria sangat valid, (b) validitas konstruk model CALL ditinjau dari konsistensi antar komponen model dalam kriteria sangat valid, (c) validitas komponen perangkat SAP dalam kriteria sangat valid; 2) praktis (dapat diterapkan) dalam pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah yang ditunjukkan oleh: (a) keterlaksanaan pembelajaran model CALL berkategori baik (b) aktivitas mahasiswa relevan disetiap fase pembelajaran model CALL dan (c) mahasiswa memiliki respon berkategori baik terhadap model CALL dan 3) efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi sains calon guru Madrasah Ibtidaiyah, yang ditunjukkan oleh: (a) terdapat peningkatan skor keterampilan literasi sains yang signifikan pada α = 5%, (b) rerata N-gain berkategori sedang dan (c) rerata N-gain konsisten (tidak berbeda) untuk program studi yang sama.



Leave a Reply