Mahasiswa Unipdu Ajak Warga Hidup Bersih

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang (UNIPDU) yang melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), di Desa Jatiduwur Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang mengajak masyarakat hidup bersih.

Pantauan TIMES Indonesia 29 Juli 2019 kemarin, KPM pada kelompok 4 tersebut, mereka bersama-sama mengajak warga Desa Jatiduwur untuk memulai hidup bersih. Bekerja sama dengan Komunitas Sekolah Sungai Jombang dan Dinas Perairan Jombang, mereka melakukan pembersihan sampah di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) yang melewati desa Jatiduwur tersebut.

Ketua KPM Kelompok 4, UNIPDU Jombang, Endah Rohmatin menjelaskan, mahasiswa KPM yang dipimpinnya turun ke DAS yang memang ketinggian airnya sekitar 20 senti meter. “Sebelumnya kami telah melakukan koordinasi dengan pihak desa terlebih dahulu” katanya.

Alhasil, lanjut mahasiswa jurusan Fakultas Pendidikan Islam tersebut, sepanjang 500 meter DAS di Desa Jatiduwur berhasil mereka dibersihkan dengan mengakat berbagai sampah plastik yang kubur cukup lama di sungai tersebut. “Ini semua berkat dukungan-dukungan kami semua yang ikut serta turun ke sungai,” ujarnya.

Oleh karena itu, perempuan kelahiran Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto itu berharap, KPM yang dilakukannya ini tidak hanya bentuk formalitas belaka, dan benar-benar bisa mengajak serta menyadarkan masyarakat, agar bisa lebih memerhatikan kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Selain itu nanti kami akan melakukan sosialisasi tentang sampah dan air hujan yang dikemas dalam bentuk seminar,” ucapnya. (*)

 

sumber : www.timesindonesia.co.id



Leave a Reply